Kamis, 21 Oktober 2010

Tips Menyelamatkan Handphone Basah Dari Kerusakan Karena Terkena Air

Handphone tercebur atau kehujanan ?! Bahaya tuhh......harus segera dibawa teknisi. Eits...tenangn dulu.....kita bisa menghemat sedikit rupiah untuk memperbaikinya. Caranya...?! Kita sednirilah teknisinya, lho ?! Penasaran......berikut tipsnya...
  1. Jika handphone terendam air, keluarkan dari air secepatnya untuk mencegah komponen bagian dalam terkontaminasi air. Dalam beberapa kasus, casing handphone memang cukup rapat untuk mencegah rembesan air. Namun hal ini hanya akan bertahan selama beberapa puluh detik saja.
  2. Segera keluarkan baterai dari dalam handphone. Memutus aliran sumber daya sangatlah penting untuk meminimalisir kemungkinan kerusakan handphone. Beberapa sirkuit elektronik dinyatakan bisa tetap bertahan dalam keadaan basah, jika tidak terhubung dengan sumber daya.
  3. Segera keluarkan juga kartu SIM untuk mencegah kemungkinan kerusakan atau hilangnya data. Jangan sampai phonebook atau SMS penting lenyap. Biarkan kartu SIM benar-benar kering sebelum mengecek kondisinya.
  4. Keringkan handphone sampai benar-benar kering. Gunakan kain yang bisa menyerap air. Jika ada, gunakan juga hair dryer. Namun pastikan handphone jangan sampai terlalu panas. Jangan pula diletakkan di atas Microwave, karena handphone yang terlalu panas dilaporkan bisa meledak.
  5. Uji coba kondisi handphone setelah benar-benar kering. Jika handphone ngadat, periksa apakah handphone atau baterai yang rusak, dengan memakai baterai cadangan.
  6. Jika seluruh langkah telah dilakukan namun handphone tetap mengalami kerusakan, apa boleh buat, kita harus mengeluarkan sedikit (lumayan) uang ke tukang servis handphone.
Selamat Mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar