Kamis, 21 Oktober 2010

Reiner Gamma, Daerah Penting di Bulan

Pertama kali diidentifikasi oleh para astronom awal masa Renaissance, pembentukan Reiner Gamma telah menjadi subyek dari penelitian selama hampir lima dekade. Reiner Gamma adalah salah satu fitur alam yang paling unik di Bulan.

Pusat Daerah Penting di bulan, Reiner Gamma

Tanda Panah menunjukkan perkiraan pusat lokasi detail

Beberapa satelit telah menunjukkan gambar baru yang spektakuler dari pusaran di dekat Mare Ingenii yang mirip dengan pusaran dari Reiner Gamma. Reiner Gamma, bagaimanapun sepertinya adalah prototype dari pusaran bulan.


Mare Ingenii

Konsep yang sering muncul dalam ilmu tentang bulan adalah "pelapukan ruang." Istilah ini digunakan untuk menggambarkan sebuah rangkaian proses alam (termasuk dampak micrometeoroid dan paparan angin matahari) yang dapat mengubah sifat spektral bahan permukaan bulan. 
 
Sejak reflektansi, permukaan bulan dalam pusaran Reiner sangat berbeda dari Mare sekitarnya, beberapa  proses mungkin telah mengubah ruang pelapukan kerentanan bahan pusaran. Ada beberapa teori untuk menjelaskan kehadiran pusaran Reiner Gamma. Hasil dari misi bulan sebelumnya (termasuk Lunar Prospector) telah menunjukkan bahwa wilayah swirl (pusaran di bulan) memiliki medan magnet tinggi, jadi kemungkinan bahwa ratusan peristiwa jutaan tahun yang lalu mengubah sifat magnetik bahan permukaan, membelokkan angin matahari dan mengubah cara reflektansi tersebut dan dimodifikasi oleh ruang pelapukan. 
 
Beberapa peneliti mengemukakan bahwa komet pada saat berinteraksi dengan permukaan bulan, mengubah sifat permukaan bulan beberapa derajat dimana pusaran Reiner Gamma bisa bertahan selama jutaan tahun.

Namun, berdasarkan data yang tersedia, kita hanya tidak tahu pasti! Itu bukan hal yang buruk, jika kita tahu semua jawaban atas semua masalah yang menarik, kita tidak akan merasa perlu untuk mengeksplorasi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar