Senin, 18 Oktober 2010

Misteri Gol Tangan Tuhan Maradona

Piala Dunia 1986 merupakan puncak karier bagi Maradona bersama timnas Argentina. Maradona tampil membawa Argentina menjuarai Piala Dunia dengan mengalahkan Jerman (waktu itu masih bernama Jerman Barat) di final dengan skor 3-2.


Bukan karena pertandingan final yang membuat nama Maradona selalu dikenang pedukungnya, melainkan pada pertandingan perempatfinal melawan Inggris-lah nama Maradona akan selalu dikenang pendukungnya. Karena pada pertandingan itulah Maradona membuat semua penonton berdecak kagum lewat dua golnya yang mengantarkan Argentina mengalahkan Inggris. Ya, dua gol yang dicetak Maradona itulah yang luar biasa. Gol pertama yang diciptakan Maradona adalah gol yang dianggap paling kontroversional di dunia, disebut "Gol Tangan Tuhan". Sedangkan gol yang kedua yang diciptakan Maradona disebut-sebut sebagai gol terbaik sepanjang masa karena diciptakan Maradona dengan skillnya yang luar biasa, melewati enam pemain Inggris.

Diego Maradona

Gol Tangan Tuhan

Gol pertama Maradona yang dicetak ke gawang Inggris pada Piala Dunia 1986 merupakan gol paling kontroversial sepanjang masa, yang disebut Gol Tangan Tuhan (God's Hand). Mengapa disebut demikian, karena Maradona mengatakan adanya keterlibatan Tuhan dalam proses terjadinya gol tersebut, sehingga wasit dan hakim garis tidak mengetahuinya.

Hal ini diketahui dari hasil rekaman video pertandingan dan, Maradona sendiri pun mengakuinya. Ia sengaja memukul bola dengan tangannya agar berbelok arah ke gawang Inggris.

"Un poco con la cabeza de Maradona y otro poco con la mano de Dios" 
sedikit karena kepala Maradona, dan sedikit karena tangan Tuhan.

Pernyataan Maradona inilah yang akhirnya menjadi kutipan paling fenomenal di dunia sepak bola.



Gol Tangan Tuhan Maradona

Untuk melihat videonya bisa dilihat disini.

Gol Terbaik Sepanjang Masa

Gol yang kedua merupakan gol yang terbaik sepanjang masa, karena diciptakan Maradona dengan memperlihatkan kemampuan skill-nya yang luar biasa. Maradona mendribble bola sendirian dari tengah lapangan, melewati enam pemain Inggris (Glenn Hoddle, Peter Reid, Kenny Sansom, Terry Butcher, Terry Fenwick) sekaligus kiper Inggris, Peter Shilton sebelum melesakkan bola ke dalam gawang.

Gol Terbaik Sepanjang Masa

Untuk melihat videonya bisa dilihat disini.

Pada tahun 2002, berdasarkan voting yang dilakukan FIFA, gol ini dijadikan gol terbaik abad ke-20. Selain itu, dua gol yang diciptakannya menempati ranking ke-6 dalam 100 momen olahraga terbesar oleh televisi Inggris, Channel 4.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar