Sabtu, 16 Oktober 2010

Seorang Remaja Nepal Dinobatkan Sebagai Manusia Terpendek Sedunia

Seorang anak penjual buah di Nepal dengan tubuh balita berusia 18 pada hari Kamis dan secara resmi dinyatakan manusia di dunia terpendek oleh Guiness Book Of Record.Khagendra Thapa Magar telah diukur tingginya, yaitu 26,4 inci (67 cm), menggantikan pemegang rekor sebelumnya, Edward Nino Hernandez dari Kolombia, dengan tinggi 27 inci (70 cm).


Tepuk tangan membahana ketika Magar diserahkan sertifikat rekor dunia oleh ketua Guiness Book Of Record, Marco Frigatti. Upacara diadakan di sebuah hotel di Pokhara, kota asal Magar dan tempat wisata populer di barat Katmandu.


"Saya dapat mengkonfirmasikan bahwa mulai hari ini Khagendra Thapa Magar secara resmi adalah orang terpendek di dunia," kata Frigatti saat ia menyerahkan sertifikat tersebut.

Keluarga Magar telah berkampanye selama bertahun-tahun untuk mendapatkan pengakuan Guiness Book Of Record, tetapi permintaan sebelumnya untuk Guinness ditolak karena kemungkinan dia bisa tumbuh.


"Kami harus menunggu sampai ia berusia 18 dan menjadi dewasa," kata Frigatti.
 "Kami sangat bangga dengan anak kami," kata ayahnya, Rup Bahadur Thapa Magar. "Kami akhirnya diakui dan impian kita akhirnya menjadi kenyataan."

Pada hari Kamis, Magar dan keluarganya menyambut gembira wartawan yang datang ke rumah mereka, di mana Magar melompat di meja dapur dan membuat teh untuk para pengunjung dan anggota keluarga. Dia juga menerima hadiah untuk ulang tahun ke-18 dan menari-nari dengan bunyi mainan drum.


Magar, yang memiliki berat 12, 5 ons (6,5 kilogram), sangat kecil bahkan pada saat lahir, beratnya hanya 1,3 ons (600 gram). Ayahnya mengatakan ia tidak memiliki penjelasan mengapa dia tidak pernah tumbuh tinggi, dimana tinggi badan adiknya adalah normal untuk ukuran anak laki-laki berusia 13 tahun.


Dokter lokal kebingungan dengan hal ini, tapi kurangnya fasilitas untuk pengujian rinci membuat mereka tidak mampu untuk mengetahui penyebabnya.

Dokter pribadi Magar mengatakan, untuk lima tahun terakhir ia memiliki tubuh seorang anak berusia3 tahun.
"Struktur tubuh-Nya seperti seorang anak kecil dan dia juga berpikir dan berperilaku dengan cara itu," kata Prasad Newpane Hum.


Magar, yang sudah melakukan perjalanan sebagai bagian dari rombongan penari ketika ia tidak membantu orang tuanya di toko buah mereka, tampaknya siap untuk sorotan media yang akan menemani jabatan barunya.


Tahun depan dia akan menjadi duta besar yang ditunjuk pemerintah untuk melayani para pengunjung tahunan di Nepal.


"Saya sangat bahagia dan bersemangat," katanya.

2 komentar: